Friday, July 18, 2014

Nuzul Quran

Asbabun Nuzul (Sebab-Sebab Turunnya Ayat) Surat Al Qadr (1-3)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1 – 5)

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rasulullah saw. pernah menyebut-nyebut seorang Bani Israil yang berjuang fisabilillah menggunakan senjatanya selama seribu bulan terus menerus. Kaum muslimin mengagumi perjuangan orang tersebut.

Maka Allah menurunkan ayat ini (QS. Al Qadr: 1-3) yang menegaskan bahwa satu malam lailatul qadr lebih baik daripada perjuangan Bani Israil selama seribu bulan itu.(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Al Wahidi, yang bersumber dari Mujahid)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa di kalangan Bani Israil terdapat seorang laki-laki yang suka beribadah malam hari hingga pagi dan berjuang memerangi musuh pada siang harinya. Perbuatan itu dilakukannya selama seribu bulan. Maka Allah menurunkan ayat ini (QS. Al Qadr : 1-3) yang menegaskan bahwa satu malam lailatul qadr lebih baik daripada amal seribu bulan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dari Bani Israil tersebut.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Mujahid).

Maka apakah kita masih merasa acuh terhadap keutamaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, bersungguh-sungguh beribadah agar mendapati malam kemuliaan tsb?

Bayangkan dalam satu malam, ketika kita beribadah pas bertepatan di malam lailatul qadar tsb, maka pahala amal Ÿª♌ğ kita kerjakan lebih baik daripada 1000 bulan, dan 1000 bulan setara dengan 82 tahun, pahala bacaan qur'an kita setara dengan amalan selama 1000 bulan, begitu pula jika kita berdizkir, sholat malam dan amalan ibadah lainnya. apakah umur kita bisa sampai 82 tahun? Wallahu a'lam

20 Ramadhan 1435 H.
Selamat menanti berbuka.

No comments:

Google+ Followers